Kenapa Saya Suka Masak

June 5, 2013 at 2:39 pm (ceracau)

memasak membuat saya melupakan banyak hal. beban pekerjaan beban thesis beban hutang dan semua ganjalan-ganjalan yang ada. Panas tungku dan kompor membuat peluh itu menetes, terkadang itu merupaakan satu olah raga yang cukup mudah dilakukan. Bagaimana saya meracik gram demi gram tepung dan garam serta campuran bahan lain membuat saya banyak berpikir untuk menemukan kombinasi yang paling tepat. Ibarat kata orang perjalanan saya menuju resep yang sempurna seperti perjalanan hidup saya menuju secercah titik terang yang ada di ujung sana. hanya satu kata SERU.

masak memang butuh biaya, tapi berapapun biaya itu selalu terpuaskan dengan hasil masakan yang kadang terlalu asin, terlalu lembek, kuraang matang dsb. Hingga suatu ketika saya berhasil menemukan resep yang sempurna untuk satu jenis makanan, itu yang membuat saya bernafas lega dan merasa selesai sudahlah pekerjaan dan hidup saya di dapur itu. Beberapa teman kadang menanyakan mengapa repot2 masak? cukup telepon dan makanan akan datang ke depan mata. saya bilang rasanya beda, rasa makanan yang kita buat sendiri dengan peluh, dengan keringat dan dengan rasa cinta akan terasa jutaan kali lebih nikmat ketimbang makanan termahal di dunia pun. apalagi ketika kita membuat makanan itu untuk orang yang kita cintai dan orang tersebut memuji dan menyukai makanan kita, amboi rasanya!

cinta dan makanan memang tak terpisahkan, yang satu makanan raga yang satu makanan jiwa, bayangkan jika makanan2 tersebut dapat tersaji disatu piring untuk orang yang kita cintai dan dibuat oleh orang yang mereka cintai! dua perut terpuaskan sudah. perut jiwa dan perut raga. itu kenapa saya suka masak, bahkan lebih daripada saya suka makan. It feeds my soul by cooking. Mau enak ke mau enggak kek mau berhasil kek mau enggk. Saya tetap kenyang jiwa raga dengan masak dan memberi makan dengan cinta!

ditulis dalam Workshop Penulisan di Gedung Astra International dengan Hasudungan Sirait, 5 Juni 2013. Kebetulan Bung Sirait minta untuk menulis dengan cepat selama 10 menit apa hobi kita dan jangan mengedit tulisan. Nah di atas itulah hasilnya.

Leave a Reply

