Kawasaki akan jadi market leader!

October 30, 2011 at 9:44 pm (ceracau)

 

Kawasaki atau Yamaha sesaat lagi akan menjadi market leader di pasar kendaraan roda dua. Hal ini akan terjadi jika Astra Honda Motor tidak segera “bergerak”.

Awal gebrakan Kawasaki terjadi ketika Kawasaki meluncurkan Ninja 250R. Sebenarnya Kawasaki bukan pabrikan motor pertama yang menghadirkan motor kelas 250cc. Dulu Suzuki sempat meluncurkan Thunder 250cc sebagai salah satu produknya, tapi gagal di pasaran.

Awal tahun 2008 Kawasaki meluncurkan Ninja 250RR sebagai salah satu andalannya di kelas 250cc. Hal ini memicu AHM untuk mengeluarkan CBR 250 sebagai salah satu tandingan Ninja 250. Sayangnya langkah ini tidak diikuti oleh kesuksesan penjualan CBR 250, secara keseluruhan penjualan Ninja masih di atas Ninja (Penjualan CBR as of Juni 2011 967 dan Ninja 1.250 unit).

AHM telah sah menjadi follower di kelas 250cc. Sebenarnya bukan sekali ini AHM menjadi follower, di kasus motor matic, AHM pun menjadi follower dengan mengeluarkan Honda Beat (Yamaha terlebih dahulu meluncurkan Yamaha Mio), dan sekali lagi top of mind pasar untuk motor matic adalah Mio, bukan Beat

Keptusan untuk release Ninja 250 ternyata berbuah manis yang akhirnya menjadikan Kawasaki menjadi market leader di kelas 250cc. Saat ini Kawasaki meluncurkan ZX6R, varian baru di kelas 600cc. Kelas yang hampir jarang ditembus hampir seluruh pabrikan motor.

Indonesia dianggap kurang “mumpuni” dengan kelas 600cc ini. Harga yang mahal, kemacetan, hingga sarana dan prasarana yang kurang menjadi alasan kenapa pasar ini jarang ditembus. Lalu kenapa Kawasaki berani menembus pasar 600 cc?

Berpengalaman dari kasus Ninja 250R, ternyata pasar sangat menyukai motor cc besar, pasar pun sudah mulai terbiasa dengan motor-motor cc besar dan yang paling penting, penjualan motor dengan kredit semakin meningkat dan semakin banyak penyedia layanan kredit motor.

Apalagi ZX6R dibandrol dengan harga yang “murah”, 211 juta untuk motor mewah sekelas CBR 600RR yang pasaran di Indonesia sebesar hampir 290 juta Rupiah. Prediksi saya ZX6R akan memetik hasil yang manis. Kenapa? Karena Kawasaki sangat memberdayakan komunitas-komunitas motor yang ada untuk menjajakan

Namun sekali lagi, Kawasaki menjadi pioneer di kelas 600cc. Kita akan segera melihat AHM atau pabrikan lain meluncurkan varian motor 600cc. Saran saya untuk AHM, gunakan jaringan HSO yang ada di seluruh Indonesia dan 3 plant AHM yang ada di Jawa Barat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: