investasi?! ga penting!

January 26, 2011 at 11:33 am (finansial, investasi, tabungan)

Kita sering dengar kata “investasi” begitu juga dengan kata “tabungan”.

Nah, kalau ditanya apa bedanya, banyak orang yang masih bingung.
Jadi, tabungan sejatinya adalah sebuah simpanan yang sebetulnya diperuntukkan untuk jangka pendek, bulanan, tahunan atau bahkan harian.

Tabungan ini biasanya disertai dengan resiko yang sangat kecil, hamper tidak ada. Namun tentu saja dengan hasil pengembangan yang kecil pula. Contohnya Deposito. Jenis simpanan ini mempunyai bunga yang hanya berkisar dari 6%-7% (fyi, inflasi kita tahun 2010 sekitar 6.9%). Namun Anda akan mendapat jaminan bahwa dana/simpanan tidak akan berkurang/minus. Ada faktor keamanan yang cukup tinggi disini.

Berikutnya adalah investasi. Investasi adalah sebuah simpanan yang sejatinya diperuntukkan untuk jangka panjang (bisa belasan bahkan hingga puluhan tahun). Investasi sendiri biasanya disertai resiko yang relative lebih tinggi dari tabungan namun memberikan hasil pengembangan yang lebih tinggi. Sebagai contoh adalah investasi Reksadana. Investasi bagi pemula ini dapat menghasilkan return dari belasan hingga puluhan persen per tahun.

Sebagai contoh Program Reksadana yang ditawarkan Schroders (Dana Prestasi Plus) mampu menghasilkan pengembangan hingga 20% per annum.
Namun tentu saja dengan beracu pada hukum investasi ”high risk high return” investasi jenis tidak selamanya akan untung. Contoh paling nyata adalah ketika saya pertama kali membeli reksadana jenis ini dengan NAB (Nilai Aktiva Bersih) sebesar—kira-kira—19.000 rupiah per unit pada bulan berikutnya ternyata harga per unit turun hingga kisaran 18.000 rupiah. Jika dilihat dalam jangka pendek saya bisa katakan “merugi”.

Namun dalam investasi jika kita tidak menguangkan investasi kita, kita tidak dapat sepenihnya dikatakan rugi/untung. Setelah investasi kita dirubah dalam bentuk uang, disitulah kita dpat dikatakn untung/rugi.
Nah, bulan ini harga per unit dari Reksadana saya berada di kisaran Rp. 21.000 lalu apakah saya untung? Tentu saja hal ini belum dapat disimpulkan. Ketika saya menguangkan investasi saya saat ini juga maka saya dapat dikatakan untung, namun saya menginginkan hasil/return yang lebih besar untuk itu saya tidak akan mencairkan dana tersebut dalam waktu dekat.

Investasi yang memiliki resiko besar dapat ditanggulangi dengan jangka waktu penyimpanan yang lebih lama.

Jadi sudah paham apa itu investasi? masih bilang ga penting?!

Leave a Reply

