PERSIAPAN MENUJU PENSIUN

August 25, 2010 at 4:20 pm (ceracau)

Berapa usia Anda sekarang? 20? 30? Atau 40 tahun? Berapapun usia Anda tak pernah ada kata terlambat untuk mempersiakan masa pensiun Anda.

Setelah berpuluh-puluh tahun menjadi karyawan, berubah menjadi seorang pensiunan bukanlah hal yang mudah untuk diterima. Ibarat kata, kita sudah terbiasa duduk selama puluh tahun dan tiba-tiba dipaksa untuk berdiri dan berjalan. Lutut pun tak akan mampu menopang badan. Tetapi mau tak mau, pensiun adalah salah satu fase yang pasti akan datangdan harus kita lewati tinggal bagaimana kita mempersiapkannya saja.

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum menuju pensiun. Persiapan finansial dan mental tentu menjadi hal yang paling utama untuk dipersiapkan. Banyak orang yang tak siap menghadapi pensiun—kebanyakan karena post-power syndrome—dan hampir semua orang mengalami sindrom ini.

Beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk mempersiapkan pensiun a.l.

1. Lakukan perencanaan!

Hitung mundur dari saat ini, kapan Anda akan pensiun. Mulai pikirkan apa yang akan Anda lakukan ketika Anda pensiun dan apa yang harus Anda persiapkan untuk melakukan kegiatan tersebut.

Ciptakan satu goal di masa pensiun Anda, maka minimal Anda akan mempunyai satu tujuan hidup ketika pensiun.

2. Sisihkan sedikit dana Anda untuk tabungan pensiun.

Jika Anda terdaftar di Dana Pensiun Astra, mungkin setiap bulan Anda secara tidak sadar telah menabung 9.6% dari gaji Anda (3,2% dipotong dari gaji Anda, 6,4% disubsidi oleh perusahaan) namun alangkah baiknya jika Anda tetap mempunyai simpanan untuk masa pensiun Anda, bisa berupa dana pensiun di Dana Pensiun Lembaga Keuangan atau investasi di beberapa pilihan.

3. Investasi

Jika Anda memiliki uang lebih, pastikan Anda menginvestasikan uang Anda. Menabung sangat tidak dianjurkan untuk jangka panjang karena rendahnya suku bunga tabungan tidak dapat menandingi tingkat inflasi.

Untuk investasi, pilih investasi yang sesuai dengan profil investasi Anda. Selalu ingat return tinggi=resiko tinggi, jadi jika resiko kecil=return kecil, namun hal ini tidak menjadi kendala karena Anda akan melakukan investasi jangka panjang. Tanah, property atau reksadana dapat menjadi pilihan investasi yang cukup aman, meskipun resiko selalu hadir dalam setiap kegiatan investasi. Saham dapat menjadi pilihan jika Anda memiliki pegetahuan yang cukup tentang saham, karena saham termasuk investasi resiko tinggi.

4. Mulai hitung kebutuhan Anda

Jika dalam satu bulan, saat ini, Anda membutuhkan Rp. 5.000.000 untuk kebutuhan pokok, maka Anda harus bisa menghitung berapa kebutuhan Anda ketika Anda pensiun. Sebagai contoh Anda akan pensiun 10 tahun lagi, maka Anda dapat menghitung dengan rumus Future Value sbb:

Dimana:

FV: Future Value ; PV: Present Value ; i: tingkat bunga ; n: tahun ke berapa

Jadi untuk menghitung kebutuhan diatas adalah sbb:

FV = 5.000.000 X [1+0.1]10

FV = 12,968,712 (13.000.000)

Jadi dalam 10 tahun ke depan kebutuhan Anda per bulan adalah kurang lebih Rp. 13.000.000. Nah, dengan adanya perhitungan ini diharapkan Anda lebih dapat mempersiapkan masa pensiun Anda.

Yang menjadi penting dalam persiapan adalah kemampuan untuk memprediksi masa depan, meskipun tidak selalu 100% akurat namun ketika Anda mempunya prediksi, maka Anda akan melangkah di jalur yang lebih baik daripada mereka yang tak memiliki prediksi apapun. Semoga bermanfaat. (ddn)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: