KESALAHAN FATAL PERSIAPAN PENSIUN

August 25, 2010 at 4:13 pm (ceracau)

“Saya masih muda. Masih banyak waktu mempersiapkan pensiun saya. Let’s just have fun”. Mungkin ini yang ada di pikiran Anda saat ini, tentunya karena usia Anda yang masih muda. Tapi apakah memang benar persiapan pensiun bisa ditunda-tunda hingga mendekati usia 55 tahun?

Dari hasil survey yang diadakan oleh majalah SWA terhadap 32 responden profesional independen di Jakarta, ternyata mayoritas (28,13%) belum merancang pensiun hingga kini. Dan sebagian responden (25%) merancang pensiun justru di usia yang sudah tua, yaitu 41- 45 tahun. Sebaliknya hanya 3,13% responden yang merencanakan pensiun sebelum umur 30 tahun. Data ini didukung oleh pengalaman saya menyosialisasikan informasi dana pensiun di berbagai anak perusahaan Astra Grup, banyak anak muda yang tak terlalu perhatian dengan masa pensiunnya. Berikut beberapa fakta.
1.  Saya masih muda, saya ingin menikmati gaji saya.

Mempersiapkan masa pensiun Anda bukan berarti tak dapat menikmati gaji Anda. Selama ini Anda telah menabung 3,2% dari gaji Anda—dan 6,4% dalam bentuk subsidi perusahaan—untuk tabungan masa pensiun Anda (jika Anda peserta Dana Pensiun Anda), jika tidak, coba sisihkan sedikit dana Anda dan bergabunglah dengan program pensiun di Dana Pensiun Lembaga Keuangan.

10% dari gaji Anda akan banyak membantu Anda di usia senja Anda. Percayalah.

2. Gaji saya kecil, bagaimana saya bisa mempersiapkan finansial pensiun?

Jika penghasilan Anda kecil, maka berinvestasilah dalam jumlah kecil dahulu. Namun pastikan Anda berinvestasi secara rutin.

Saat ini banyak pilihan investasi yang dapat membantu Anda untuk berinvestasi secara rutin. Beberapa bank menawarkan Reksadana dengan sistem autodebet, serta dengan iuran yang cukup rendah dan dapat ditambahkan jika Anda inginkan.

Selalu ingat bahwa investasi ini Anda peruntukkan untuk jangka panjang, jangan melihat return dalam jangka pendek karena akan sangat fluktuatif. Return jangka pendek yang kecil pun dapat diatasi dengan investasi jangka panjang. Semakin lama Anda menginvestasikan uang Anda maka semakin besar keuntungan Anda di masa depan.

3. Saya tidak tahu apa yang harus pertama saya siapkan.

Yang pasti, siapkan mental Anda. Pensiun bukanlah hal yang mudah untuk diterima. Mulai bangun jaringan, jangan sampai ketika pensiun Anda hanya bergantung pada pasangan dan anak Anda.

Selain itu, siapkan pula infrastruktur yang dapat membantu Anda (dana, rancangan aktivitas setelah pensiun, dll). Persiapan ini menjadi penting karena dapat menjadi peta bagi Anda untuk mengarungi masa pensiun Anda.

Semakin dini Anda mempersiapkan semua ini maka semakin banyak waktu yang Anda miliki. Mulai sekarang! (ddn)

Leave a Reply

