INEVITABLE OLD AGE

August 25, 2010 at 4:03 pm (ceracau)

Mungkin sebagian dari kita telah paham makna dari kata “SEPUH”. Sepuh artinya tua, dalam bahasa Jawa halus. Krama inggil.

Sepuh bisa juga berarti sepi, sepi karena tak lagi ada yang mengunjungi. Setelah sepi akan muncul yang namanya “sepa” atau hambar. Hambar karena tak lagi berpotensi, tak lagi berprestasi. Kalau sepa telah dilalui maka tahap berikutnya adalah “sepah”—menggunakan “H”—yang berarti ampas. Ampas yang tak lagi berguna, yang akan berakhir di tempat sampah atau didaur ulang menjadi pupuk.

Alangkah baiknya jika kita nanti telah sepuh, telah pensiun, kita tak berakhir menjadi sepah, lalu ampas.

***

Usia sepuh adalah fase hidup yang tak dapat kita hindari, tapi Tuhan adil, kita masih punya waktu untuk mempersiapkan masa tua. Jika boleh saya mengutip H.B. Supiyo dalam salah satu tulisannya, beliau pernah mengatakan “Ya, kita perlu menjaga agar di usia sepuh, hati dan semangat kita tidak dilanda rasa sepi, agar kita tidak menjadi sepa (hambar)”.

Beliau juga menambahkan, jika tak ingin dilanda rasa sepi, bersosialisasilah. Berbagilah dengan sesama, dengan kaum terpinggirkan. Insyaallah hidup kita akan jauh dari rasa sepuh, sepi apalagi menjadi sepah.

Anda juga bisa mulai mempersiapkan masa pensiun sejak sekarang. Coba perkirakan kapan Anda pensiun, katakan umur 55 tahun, tarik mundur dari usia Anda sekarang, coba rencanakan apa yang ingin Anda kerjakan nanti ketika Anda pensiun. Wiraswasta? Kerja sosial? Atau hanya tinggal di rumah?

Pensiun bukan berarti berhenti berkarya. Pensiun adalah karir kedua. Akan lebih banyak hal baru yang akan kita temui setelah kita pensiun, terutama bagi kita yang telah terbiasa menerima gaji setiap bulan, terbiasa dengan kehidupan kantor yang sibuk.

Persiapkan diri Anda sekaran untuk menuju Pensiunan yang lebih baik. (ddn)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: