FUNGSI DASAR DANA PENSIUN

August 25, 2010 at 4:30 pm (ceracau)

Beberapa dari kita mungkin telah memiliki dana pensiun. Bisa dari perusahaan melalui Dana Pensiun Astra/Dana Pensiun Pemberi Kerja lainnya atau bahkan insiatif kita sendiri untuk mengikuti program Dana Pensiun yang ada.

Sesuai pengertiannya, Dana Pensiun adalah badan hukum yang mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun. Maka dari itu fungsinya adalah untuk menjamin kesinambungan peghasilan di masa pensiun.

Lalu pertanyaannya seberapa penting dana pensiun untuk masing-masing peserta, toh, sudah ada Jamsostek dan tabungan.

Dibawah ini adalah bagan dimana usia produktif kita anggap adalah 25-55 tahun (30 tahun) dan harapan hidup tiap manusia Indonesia adalah 73 tahun (18 tahun dari usia pensiun).

Dimana untuk membiayai kehidupan Anda dari usia 55 tahun hingga 73 tahun dibutuhkan 80% dari total gaji selama usia produktif. Nah, 80% itu didapat darimana? Pertama, JAMSOSTEK, namun dana tersebut hanya dapat mendanai ±30% dari kebutuhan Anda. Kedua, tabungan pribadi. Dana tersebut hanya dapat membiayai ±10% dari kebutuhan Anda karena sifatnya yang sangat likuid. Ketiga, Dana Pensiun. Dana ini yang akan memenuhi sisa kebutuhan Anda karena sifatnya yang disiplin (bulanan) dan Anda telah menginvestasikan dana pensiun Anda sejak Anda masih dalam usia produktif.

Maka dari itu, semakin muda Anda menyiapkan pensiun Anda maka semakin baik dana pensiun yang akan Anda nikmati. Jadi, masih berpikir dana pensiun tidak penting? (ddn)

1 Comment

  1. anissa said,

    ko cuma ini aja??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: