Gaya Penulisan

February 21, 2010 at 3:07 pm (ceracau)

kalo lo uda pada baca blog review makanan gw kalian akan notice beberapa hal, mungkin salh satu yang paling kentara adalah berubahnya gaya penulisan gw. Yup u’re rite! saat-saat ini adalah saat dimana gw sedang mencoba mencari mana gaya penulisan gw yang paling pas.

Setelah gw googling tentang gaya penulisan, muncul beberapa artikel di blog atau web yang berhubungan dengan gaya penulisan seseorang. Ada satu benang merah yang gw tarik, untuk penulisa artikel populer sebenarnya tidak ada satu gaya penulisan tertentu, beda dengan gaya penulisan ilmiah yang mempunyai beberapa style (APA, MLA, Chicago Manual, dll). Tidak didefiniskan secara jelas juga macam-macam penulisan artikel, kecuali penulisan reportase (itupun sangat subjektif tidak ada aturan khusus yang mengaturnya). Banyak tulisan juga menyataka bahwa gaya penulisan artikel sebenarnya bebas saja asal dapat dibaca dengan baik dan mampu menyalurkan informasi dengan baik.

Pada awalnya, setiap penulis pasti akan meniru gaya penulisan seseorang yang sudah “firm” namun seiring berjalannya waktu maka si penulis akan menciptakan gayanya sendiril. Kembali ke kasus gw, makanminumairjeruk gw tulis, awalnya sebagai bentuk reportase hobi gw makan, beda dengan blog ini yang emang gw tulis buat nyampah. Awal pertama nulis di makanminumairjeruk gw pake gaya penulisan yang sama ama di blog ini, yang sangat fun dan bebas aja, tapi setelah gw baca-baca lagi dan juga baca beberapa review makanan, terutama di detikfood,  kemungkinan gaya penulisan gw kurang cocok, dan akhirnya gw mulai merubah gaya penulisan gw di artikel ini. Tapi entahlah, gaya penulisan mana yang cocok buat gw.

Kalau nurut sama artikel yang uda gw baca mungkin gw akan stay dengan gaya penulisan yang lama, karena kebih naglir aja, tapi kalau memang untuk reportase ya gw harus berubah tulisan. Gaya penulisan ini memang keliatan sederhana, tapi gaya penulisan lo lah yang akan membedakan tulisa2 lo dengan tulisan orang lain.

Leave a Reply

