Dirgahayu RI ke 63

August 17, 2008 at 1:23 pm (ceracau)

itulah kari kemerdekaan kita…hari merdeka, nusa dan bangsa, hari lahirnya Indonesia….

Lagu ini terkumandang dari speaker TV butut yang ada di kamar sebelah saya. Si empunya rupanya sedang menyaksikan upacara Hari Kemerdekaan di Istana Negara yang memang setiap tahunnya ditayangkan di semua stasiun TV nasional. Si empunya juga mengumandangakan lagu diatas sebagai bentuk rasa nasionalisnya. Namun timbul pertanyaan di kepala saya, apa yang kita lakukan selma 63 tahun Indonesia merdeka?

Ketika 9 bulan Indonesia berada di kandungan Ibu Pertiwi, Indonesia berjuang dengan kekuatannya sendiri agar mampu menghirup udara segar dunia, Indonesia berjuang melawan banyak tantangan, asam perut, baketri-baketri di kandungan ibu, banyak hal.

Indonesia lahir, banyak yang telah dikorbankan dan banyak yang harus dipelajari. Setelah 63 tahun belajar, apa yang Indonesia tahu tentang dunia?dahulu ketika dia masih di jenjang TK, Indonesia sempat menjadi ketua kelas, dia menjadi pemimpin di kelas, bahkan anak terpintar di sekolah, menjelang SD dia masih menjadi unggulan, namun lama-kelamaan apa yang terjadi?mengapa wajah Indonesia berubah?menjadi wajah bengis penuh dengan wajah pendosa.

di usianya yang tua ini Indonesia telah menjadi mayat hidup yang bergerak dengan tali kekang, entah siapa yang menajdi kusirnya, namun Indonesia stastis. Setiap tahun Indoneisa merayakna hari jadinya dengban hal yang statis pula, dari dahulu hingga selkarng makna kerupuk, panjat pinang, dan lomba balap karung menjadi sesuatu yang tidak boleh absen.

17 Agustus bukan hari jadi Indonesia lagi saat ini, namun pada tanggal inilah, setiap warga Indonesia, dalam setiap tahunnya, mendapat jatah euphoria untuk “merayakan” hari jadi negaranya. Satu hari yang sanagt berharga, karena semua orang berlibur, berparade dan melupakan semua permaslahan Indonesia. Begitu juga pemimpin bangsa ini.

63 tahun adalah usia yang ajaib, karena harapan hidup orang Indonesia hanyalah 60 tahun, semoga banyak keajaiban pula terjadi di usia Indonesia yang ke 63 ini!

DIRGAHAYU INDONESIAKU!MERDEKA!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: