nikah?????

December 19, 2007 at 11:00 am (ceracau)

Satu hari Plato bertanya pada gurunya, “Apa itu cinta? Bagaimana saya bisa menemukannya?” Gurunya menjawab, ”Ada ladang gandum yang luas di depan sana. Berjalanlah kamu tanpa mundur kembali ke belakang. Kemudian ambillah satu buah ranting saja. Jika kamu menemukan ranting yang kamu anggap paling menajubkan, artinya kamu telah menemukan cinta.”. Plato pun berjalan, dan tidak seberapa lama dia kembali dengan tangan kosong, tanpa membawa apapun. Gurunya bertanya, ”Mengapa kamu tidak membawa satupun ranting?” plato menjawab, ”Aku hanya boleh membawa satu dan saar berjalan tidak boleh mundur kembali (berbalik).” ”sebenarnya, aku telah menemukan yang paling menakjubkan, tapi aku tak tahu apakah ada yang lebih menakjubkan lai di depan sana, jadi tak kuambil ranting tersebut. Saat kumelanjutkan berjalan lebih jauh lagi, baru kusadari bahwasanya ranting-ranting yang kutemukan kemudian tak sebagus ranting yang tadi, jadi tak kuambil sebatang pun pada akhirnya.”
Gurunya kemudian menjawab, ”jadi, ya… itulah cinta.”
Pada hari yang lain, Plato bertanya kembali pada gurunya ”apa itu pernikahan? Bagaimana saya bisa menemukannya?” gurunya pun menjawab, ”Ada hutan yang subur di depan sana. Berjalanlah tanpa boleh mundur kembali (menoleh) dan kamu hanya boleh menenbang satu pohon. Kemudian tebanglah jika kamu menemukan pohon yang paling tinggi karena artinya kamu telah menemukan apa itu pernikahan.”
Plato pun berjalan, dan tidak lama dia kembali dengan membawa pohon. Pohon tersebut bukanlah pohon yang segar dan subur, dan tidak juga terlalau tinggi. Pohon itu biasa saja.”. Gurunya bertanya ”mengapa kamu memotong pohon yang seperti itu?”. Plato menjawab, ”Sebab berdasarkan pengalamanku yang sebelumnya, setelah menjelajah ternyata aku kembali dengan tangan kosong. Jadi ketika aku melihat pohon ini tidak terlalu buruk, aku memutuskan untuk menebangnya. Aku tak mau kehilangan kesempatan untuk mendapatkannya.”. Maka sang guru menjawab, ”Ya… itulah pernikahan”

(diambil dari message seorang kawan di ajang gaul ternama friendster-yang-akan-kalah-pamor-ama-facebook)

Leave a Reply

